Rabu, 09 Oktober 2013

FUNGSI BEBERAPA PORT


Port FireWire

Port FireWire adalah bentuk-bentuk port serial yang menggunakan teknologi FireWire untuk mentransfer data dengan cepat dari satu perangkat elektronik yang lain . Port FireWire telah umum digunakan sejak tahun 1995 , ketika Apple , Inc pertama mulai memasukkan port pada sejumlah camcorder digital . Hari ini , port FireWire digunakan pada sejumlah perangkat lain .Sebagai bus multi- platform yang serial, port FireWire memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan sejumlah perangkat yang berbeda . Sebagai contoh, koneksi FireWire dapat memberikan cara yang ideal untuk menghubungkan scanner ke sistem komputer . Karena transfer rate port FireWire dapat mencapai hingga 400 Mbps , transfer data relatif cepat dan juga menghasilkan kualitas yang sangat baik .

Pendekatan serupa diambil ketika meng-upload foto yang diambil dari kamera digital ke hard drive komputer . Penggunaan port FireWire dapat berarti gambar yang bebas dari penurunan kualitas , dan calon yang sangat baik untuk cetak setelah download selesai . Setelah gambar di-upload , drive penyimpanan pada kamera dapat dibersihkan , membuat kamera siap untuk digunakan lagi.

Namun, port FireWire tidak hanya untuk membangun hubungan antara berbagai perangkat elektronik dan sistem komputer . Bahkan , koneksi FireWire dapat dibuat langsung antara dua perangkat independen. Hari ini , ada printer kecil diproduksi untuk digunakan langsung dengan kamera digital . Memanfaatkan sebuah port FireWire untuk membuat sambungan , file asli pada kamera digital dapat dicetak pada printer . Ini benar-benar menghilangkan kebutuhan untuk meng-upload foto ke hard drive dan kemudian memulai proses pencetakan .


Port FireWire begitu umum hari ini bahwa kebanyakan konsumen tidak memberikan port berpikir dua kali. Sementara sangat mirip dengan port USB 2.0 , port FireWire tidak menawarkan transfer rate ditingkatkan antara perangkat . Hal ini sering membuat penggunaan jenis ini pelabuhan lebih diinginkan dengan tangan memegang perangkat , serta perangkat di mana penyimpanan sementara daripada permanen adalah fokus utama . Namun , perlu dicatat bahwa banyak bisnis saat ini memanfaatkan perangkat penyimpanan independen yang dilengkapi dengan port FireWire . Hal ini karena proses upload atau mengakses file arsip dan data lain jauh lebih cepat saat menggunakan jenis port.

___________________________________________________________________________________




Bluetooth

Teman-teman ada yang tahu istilah 'bluetooth' ? Bluetooth di sini artinya bukan gigi biru lho… tapi bluetooth adalah salah satu teknologi komunikasi data yang biasanya ditemui pada telepon seluler / handphone. Selain pada handphone, teknologi bluetooth dapat digunakan pada komputer juga lho.
Fungsi dari bluetooth diantaranya adalah untuk mentransfer data atau file dari handphone ke handphone lain atau bisa juga dari handphone ke komputer atau sebaliknya. Tapi ada syaratnya lho… jika ingin mengirim data/file dari handphone ke handphone maka kedua handphone tersebut memang memiliki fasilitas bluetooth.
Demikian juga jika ingin mengirim data dari handphone ke komputer, maka harus dipastikan komputer kita sudah terpasang USB bluetooth. Gambar di atas kiri adalah logo/symbol dari bluetooth. Jika di sebuah handphone terdapat logo itu berarti handphone tersebut sudah dapat menggunakan teknologi bluetooth.
Nama 'Bluetooth' sendiri berawal dari sebuah proyek yang dipromotori oleh perusahaan-perusahaan raksasa internasional yang bergerak di bidang telekomunikasi dan komputer, di antaranya Ericsson, IBM, Intel, Nokia, dan Toshiba. Proyek ini berawal tahun 1998 dengan kode nama bluetooth, karena terinspirasi oleh seorang raja Viking (Denmark) yang bernama Harald Blatand. Raja Harald Blatand ini berkuasa pada abad ke-10 dengan menguasai sebagian besar daerah Denmark dan daerah Skandinavia pada masa itu.
Kita lanjutkan lagi, pada bulan Mei 1998, 5 perusahaan promotor yaitu Ericsson, IBM, Intel, Nokia dan Toshiba membentuk sebuah Special Interest Group (SIG) dan memulai untuk membuat spesifikasi yang mereka namai 'bluetooth'. Pada bulan Juli 1999 dokumen spesifikasi bluetooth versi 1.0 mulai diluncurkan. Pada bulan Desember 1999 dimulai lagi pembuatan dokumen spesifikasi bluetooth versi 2.0 dengan tambahan 4 promotor baru yaitu 3Com, Lucent Technologies, Microsoft dan Motorola. Saat ini, lebih dari 1800 perusahaan di berbagai bidang antara lain di bidang semiconductor manufacture, PC manufacture, mobile network carrier, perusahaan-perusahaan automobile dan air lines bergambung dalam sebuah konsorsium sebagai adopter teknologi bluetooth. Perusahaan-perusahaan terkemuka tersebut antara lain seperti Compaq, Xircom, Phillips, Texas instruments, Sony, BMW, Puma, NEC, Casio, Boeing, dsb. 


 Sebuah perangkat yang memiliki teknologi wireless bluetooth akan mempunyai kemampuan untuk melakukan pertukaran informasi dengan jarak jangkauan sampai dengan 10 meter (~30 feet). Produk bluetooth dapat berupa PC card atau USB adapter yang dimasukkan ke dalam perangkat. Perangkat-perangkat yang dapat diintegerasikan dengan teknologi bluetooth antara lain : mobile PC, mobile phone, PDA (Personal Digital Assistant), headset, kamera, printer, router dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi yang dapat disediakan oleh layanan bluetooth ini antara lain : PC to PC file transfer, PC to PC file synch ( notebook to desktop), PC to mobile phone, PC to PDA, wireless headset, LAN connection via ethernet access point dan sebagainya.

USB Bluetooth 

Perangkat USB bluetooth saat ini sudah mudah dibeli di toko-toko yang menjual perlengkapan komputer. Alat/hardware ini berfungsi untuk mentransfer data/file. Bentuk USB bluetooth hampir sama dengan USB flash disk yang membedakannya hanya fungsi dan penggunannya. Cara menggunakannya mudah kok. Tinggal masukkan usb bluetooth pada port usb. USB Bluetooth akan langsung dikenali oleh komputer jika sistem operasi komputer yang kita gunakan adalah Windows XP, karena windows XP sudah menyediakan layanan untuk transfer data/file. Jika komputer kita menggunakan windows 98 sebagai sistem operasinya maka kita harus menginstall terlebih dahulu driver usb bluetooth tersebut.
Dari penjelasan singkat di atas, terlihat bahwa bluetooth mampu menawarkan solusi yang cukup efektif dan efisien di dalam memberikan layanan kepada user untuk melakukan transfer data dengan kecepatan kurang dari 1 Mbit/s dan jangkauan yang relatif pendek. Teknologi bluetooth masih memungkinkan untuk terus berkembang menuju kematangan baik dari sisi standarisasi maupun aplikasi yang dapat diterapkan.
Dengan pertimbangan bahwa bluetooth mampu menyediakan berbagai macam aplikasi dan layanan dan dengan biaya yang relatif murah, mudah dalam pengoperasian, interoperability yang menjanjikan serta didukung oleh berbagai vendor besar di bidang telekomunikasi maupun komputer, dan lebih dari 1800 perusahaan telah bergabung sebagai adopter teknologi ini, maka tidak mustahil teknologi bluetooth suatu saat akan menjadi salah satu primadona untuk digunakan baik untuk keperluan rumah tangga atau perkantoran/bisnis.


                                                      Daftar Istilah

  • Port = tempat untuk memasukkan kabel / peripheral lainnya ke komputer kita  
  • Wireless = perangkat tanpa kabel  
  • USB = Universal Serial Bus
 __________________________________________________________________________________


 SCSI Port

Sebuah konektor SCSI digunakan untuk menghubungkan bagian-bagian komputer yang menggunakan sistem yang disebut SCSI untuk berkomunikasi satu sama lain . Umumnya , dua konektor , ditunjuk pria dan wanita , pasang bersama untuk membentuk koneksi yang memungkinkan dua komponen , seperti komputer dan disk drive , untuk berkomunikasi satu sama lain . Konektor SCSI dapat konektor listrik atau konektor optik .Ada berbagai macam konektor SCSI digunakan pada satu waktu atau lain dalam industri komputer . Mungkin ada interkoneksi komputer ( dengan kemungkinan pengecualian dari RS - 232 serial ) telah menyebabkan banyak kebingungan . Dua puluh lima tahun evolusi dan tiga revisi utama dari standar mengakibatkan kebutuhan untuk konektor Paralel SCSI yang bisa menangani 8 , 16 atau 32 bit lebar bus berjalan pada 5 , 10 atau 20 Mbit / s , dengan sinyal konvensional atau diferensial. Serial SCSI menambahkan tiga jenis transportasi , masing-masing dengan satu atau lebih jenis konektor . Produsen telah sering dipilih konektor berdasarkan faktor ukuran, biaya , atau kenyamanan dengan mengorbankan kompatibilitas .SCSI sering menggunakan kabel untuk menghubungkan perangkat bersama , dalam satu contoh , soket pada motherboard komputer akan memiliki satu ujung kabel terhubung ke dalamnya , sedangkan ujung kabel terhubung ke disk drive atau perangkat lain . Ini berarti bahwa empat konektor terlibat dalam kabel disk drive dan komputer bersama-sama : konektor pada motherboard , konektor pada setiap ujung kabel , dan konektor pada disk drive . Kadang-kadang mungkin untuk memiliki kabel yang memiliki berbagai jenis konektor pada mereka , dan beberapa kabel dapat memiliki sebanyak 16 konektor ( 16 memungkinkan perangkat untuk kabel bersama-sama ) . Beberapa jenis konektor biasanya digunakan dalam komputer atau disket kasus drive, sementara yang lain digunakan untuk menghubungkan komputer ke perangkat terpisah seperti scanner atau disk drive eksternal.

___________________________________________________________________________________



eSATA Port 

Tahukah Anda apa itu eSATA? External Serial Advanced Technology Attachment atau eSATA adalah sebuah antarmuka eksternal untuk teknologi SATA. Ini bersaing dengan FireWire 400 dan universal serial bus (USB) 2,0 untuk memberikan kecepatan transfer data yang tinggi untuk perangkat penyimpanan eksternal. Jadi kalau disederhanakan eSATA adalah salah satu cara meng-koneksikan drive eksternal dengan komputer atau laptop.

Berawal dari SATA yang menggantikan teknologi warisan ATA sebagai antarmuka bus generasi berikutnya dari hard drive internal. Antarmuka SATA lebih efisien dari pada ATA dan menyediakan arsitektur serial untuk kecepatan yang lebih besar daripada teknologi paralel yang lebih tua. Kabel eSATA yang sempit dan bisa sampai 6,56 inci (2 meter) panjangnya, sedangkan kabel paralel yang lebih luas dan terbatas pada panjang dari 18 inci (45,7 cm). Dengan eSATA, SATA memperluas kecepatan untuk memberikan solusi penyimpanan eksterior.

Kemampuan eSATA mencapai kecepatan transfer paling sedikit tiga kali dari USB 2.0 dan FireWire 400, tetapi ia memiliki satu kekurangan. eSATA memerlukan konektor daya sendiri, tidak seperti antarmuka yang lain yang langsung mengambil daya dari komputer. Namun ini tidak mengurangi nilai pilihan yang sangat baik untuk penyimpanan disk eksternal. Berbeda dengan interface USB dan FireWire, eSATA tidak harus menerjemahkan data antara interface dan komputer. Hal ini meningkatkan kecepatan transfer data, sementara menghemat sumber daya prosesor komputer dan menghilangkan kebutuhan untuk beban chip off tambahan.

Untuk motherboard desktop yang tidak memiliki konektor eSATA, kartu komponen perangkat interkoneksi (PCI) dapat dibeli dan dipasang pada slot PCI yang tersedia, yang akan memberikan antarmuka eSATA. Notebook dapat menggunakan perangkat eSATA eksternal dibuat untuk PCMCIA, PC slot Card atau ExpressCard, tergantung pada model laptop. eSATA memungkinkan penggunaan drive SATA secara cepat untuk permintaan disk eksternal, tidak hanya memperluas penyimpanan berharga, tetapi juga memungkinkan penyimpanan portabel yang benar-benar cepat. Fitur hot-swappable eSATA mempercepat mengambil data disk dari pekerjaan di rumah, atau dari satu komputer ke komputer lain dengan mudah. Administrator, teknisi IT, eksekutif iklan dan pemasaran, dan bahkan para gamer dapat memanfaatkan kelebihan eSATA.
SATA memiliki standar yang berbeda, dengan hardware yang lebih tua yang mendukung standar asli secara eksklusif. Dengan setiap iterasi SATA baru, kecepatan jadi meningkat. SATA asli, atau SATA 150, memiliki kecepatan transfer data 150 megabyte per detik (MB / s). SATA 3G kecepatan dua kali lipat menjadi 300 MB / s atau sekitar 3 GB/s. Ini juga kadang-kadang disebut sebagai SATA 300.
Nah jadi sudah ngerti kan?
___________________________________________________________________________________





IRDA Port


Infrared Data Association (IrDA) adalah sebuah kelompok kepentingan didorong industri yang didirikan pada tahun 1993 oleh sekitar 50 perusahaan. IrDA menyediakan spesifikasi untuk satu set lengkap protokol untuk komunikasi nirkabel inframerah dan nama "IrDA" juga merujuk pada set protokol. Alasan utama untuk menggunakan IrDA telah transfer data nirkabel melalui "satu meter terakhir" menggunakan titik dan menembak prinsip. Dengan demikian, telah diimplementasikan dalam perangkat portabel seperti ponsel, laptop, kamera, printer, peralatan medis dan banyak lagi. Karakteristik utama dari jenis komunikasi optik nirkabel secara fisik aman transfer data, Line-of-Sight (LOS) dan kesalahan bit sangat rendah rate (BER) yang membuatnya sangat efisien.

Komunikasi data inframerah memainkan peran penting dalam komunikasi data nirkabel karena popularitas komputer laptop , personal digital assistant ( PDA ) , kamera digital , telepon seluler , pager , dan perangkat lainnya . Di antara penggunaan yang ada atau kemungkinan kemungkinan adalah:
  •    Mengirim dokumen dari komputer notebook Anda ke printer
  •    Saling menukar kartu nama antara PC genggam
  •    Koordinasi jadwal dan buku telepon antara desktop dan notebook
  •    Mengirim faks dari komputer notebook Anda ke mesin fax jauh melalui telepon umum
  •    Kamera digital yang dapat gambar balok ke dalam komputer Anda

Komunikasi inframerah melibatkan transceiver ( pemancar dan penerima kombinasi ) pada kedua perangkat yang berkomunikasi . Microchip khusus menyediakan kemampuan ini . Selain itu, salah satu atau kedua perangkat mungkin memerlukan software khusus sehingga komunikasi dengan dapat disinkronkan . Sebuah contoh adalah dukungan khusus untuk IR di sistem operasi Microsoft Windows 95 . Dalam standar IrDA - 1.1 , ukuran data maksimum yang dapat ditularkan adalah 2048 byte dan tingkat transmisi maksimum adalah 4 Mbps .IR dapat juga digunakan untuk interkoneksi agak lama dan kemungkinan untuk interkoneksi dalam jaringan area lokal . Jarak efektif maksimum adalah agak di bawah 1,5 mil dan bandwidth diproyeksikan maksimal 16 megabit per detik . Sejak IR adalah transmisi cahaya line-of -sight , itu sensitif terhadap kabut dan kondisi atmosfer lainnya .


__________________________________________________________________________________


SERIAL Port 

Dalam komputasi , sebuah port serial adalah komunikasi serial antarmuka fisik melalui mana informasi transfer masuk atau keluar satu bit pada satu waktu ( kontras dengan port paralel ) . Sepanjang sebagian besar sejarah komputer pribadi , data ditransfer melalui port serial ke perangkat seperti modem , terminal dan berbagai periferal .Meskipun demikian sebagai antarmuka Ethernet , FireWire , dan USB semua mengirim data sebagai serial streaming , istilah " port serial " biasanya mengidentifikasi hardware lebih kurang sesuai dengan RS-232 standar , untuk antarmuka dengan modem atau dengan perangkat komunikasi yang serupa .Komputer modern tanpa port serial mungkin memerlukan konverter serial-to - USB untuk memungkinkan kompatibilitas dengan perangkat RS 232 serial. Serial port masih digunakan dalam aplikasi seperti sistem otomasi industri , instrumen ilmiah , toko sampai beberapa sistem dan produk industri dan konsumen . Server komputer dapat menggunakan port serial sebagai konsol kontrol untuk diagnosa . Peralatan jaringan ( seperti router dan switch ) sering menggunakan konsol serial untuk konfigurasi . Serial port masih digunakan di daerah-daerah karena mereka sederhana , murah dan fungsi mereka konsol sangat standar dan meluas . Sebuah port serial memerlukan sedikit software pendukung dari sistem host 

 __________________________________________________________________________________



MIDI Port 

MIDI ( / mɪdi / ; singkatan Musical Instrument Digital Interface ) adalah standar teknis yang menggambarkan protokol , antarmuka digital dan konektor dan memungkinkan berbagai alat musik elektronik, komputer dan perangkat terkait lainnya untuk terhubung dan berkomunikasi satu sama lain . Sebuah link MIDI tunggal dapat membawa sampai enam belas saluran informasi , yang masing-masing dapat dialihkan ke perangkat terpisah .MIDI membawa pesan peristiwa yang menentukan notasi , pitch dan kecepatan , sinyal kontrol untuk parameter seperti volume , vibrato , audio panning , isyarat , dan sinyal clock yang mengatur dan sinkronisasi tempo antara beberapa perangkat . Pesan ini dikirim ke perangkat lain di mana mereka mengendalikan generasi suara dan fitur lainnya . Data ini juga dapat direkam ke dalam perangkat keras atau perangkat lunak yang disebut sequencer , yang dapat digunakan untuk mengedit data dan bermain kembali di lain waktu .Teknologi MIDI adalah standar pada tahun 1983 oleh sebuah panel perwakilan industri musik , dan dikelola oleh MIDI Manufacturers Association ( MMA ) . Semua standar MIDI resmi dikembangkan dan diterbitkan oleh MMA di Los Angeles , California , Amerika Serikat, dan untuk Jepang , Komite MIDI Asosiasi Industri Elektronik Musik ( AMEI ) di Tokyo .  

__________________________________________________________________________________

 

1 komentar: